Informasi mengenai definisi Ibadah Haji

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.

Kami asumsikan bahwa anda pembaca informasi Biro Haji ini, adalah calon jamaah Haji atau yang memiliki niat kuat untuk berangkat dan daftar Haji Khusus maupun Haji reguler. Intinya adalah memiliki azam untuk menyempurnakan rukun islam yang ke lima ini.

Sebelum lanjut mengenai Informasi Biro haji, kita masuk kedalam definisi  serta makna Ibadah haji secara harfiah dan maknawiah. Ibadah Haji merupakan rukun (pondasi agama) Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal 10 Zulhijah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

Definisi Ibadah Haji

Definisi Ibadah Haji Secara Bahasa yaitu, haji berarti menyengaja atau menuju dan mengunjungi. Namun Menurut etimologi bahasa Arab, kata haji mempunyai arti qashd, yakni tujuan, maksud, dan menyengaja. Menurut istilah syara' dan maknawi, Ibadah haji ialah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula. Yang dimaksud dengan temat-tempat tertentu dalam definisi diatas, selain Ka'bah dan Mas'a(tempat sa'i), juga Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Yang dimaksud dengan waktu tertentu ialah bulan-bulan haji yang dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Adapun amal ibadah tertentu ialah thawaf, sa'i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumrah, mabit di Mina, dan lain-lain.

Demikian sedikit penjelasan Biro Haji mengenai Informasi mengenai definisi Ibadah Haji. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : http://www.haji-Indonesia.Com, http://travelhajiumroh.web.id, http://id.wikipedia.org/wiki/Haji, 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Biro haji / daftar haji plus / Mengenai Haji / pengetahuan Haji / Rahmatan lilalamin dengan judul Informasi mengenai definisi Ibadah Haji. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://biro-haji.blogspot.com/2012/11/informasi-mengenai-definisi-ibadah-haji.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaen - Rabu, 21 November 2012

1 Komentar untuk "Informasi mengenai definisi Ibadah Haji"