Antrian Haji semakin panjang

Antrean calon jamaah haji (CJH) kian panjang. Berdasar data sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) Kementerian Agama, daftar tunggu mencapai angka dua juta lebih jamaah. Kemenag kewalahan dan batal membuat regulasi mengerem laju pendaftaran haji.

Rincian data di siskohat menunjukkan jika jumlah calon jamaah yang sudah membayar setoran awal mencapai 2.229.771 orang. Sementara dengan jumlah kuota tetap jamaah haji Indonesia 194 ribu per tahun, otomatis sisa waiting list setelah dipotong pemberangkatan haji tahun ini adalah 2.035.771 orang. Masa tunggu paling panjang ada di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan masing-masing 16 tahun.

Memang sempat ada masukan supaya Kemenag mengerem laju pendaftar haji. Bahkan, usulan paling ekstrem yaitu moratorium atau penghentian sementara pembayaran setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Sejauh ini, mengerem belum ada. Sebab ibadah haji merupakan hak setiap warga negara yang beragama Islam. Terlebih, Kemenag didirikan bukan menghambat masyarakat untuk menjalankan syariat agama. Justru Kemenag ada untuk mempermudah dan mengatur agar masyarakat nyaman dalam beribadah.

Sekarang, tinggal bagaimana Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag menelurkan jurus ampuh untuk mengatur soal membludaknya jumlah pendaftar haji. Misalnya menciptakan situasi bagi masyarakat yang mengantre agar legawa.

Terpenting, harus ada sistem supaya masyarakat tidak saling serobot dalam antrean. Soal uang yang sudah disetor, masyarakat harus diyakinkan jika nilainya tidak terdevaluasi atau berkurang karena lamanya masa antrean. Bunga atau nilai manfaat simpanan jamaah haji itu juga harus jelas pengelolaan dan transparan dalam pelaporan penggunaan. Lalu ada kepastian kapan berangkatnya. Ini juga penting.(pr)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori berita haji / biaya Haji Plus / daftar haji plus / masjidil haram / paket umrah dengan judul Antrian Haji semakin panjang . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://biro-haji.blogspot.com/2013/04/antrian-haji-semakin-panjang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 11 April 2013

Belum ada komentar untuk "Antrian Haji semakin panjang "

Posting Komentar